Anies Baswedan Menjadi Supporter Merah Putih

2

Ketika Anies Baswedan Menjadi Supporter Merah Putih

Onlinenewspapers.Fr – Keinginan Anies Baswedan menyanyikan ‘Indonesia Raya’ di stadion nasional Thailand akhirnya kesampaian– walaupun sebuah sejarah urung tercipta di sana.

Ditemani istrinya, Fery Farhati, Anies ada di antara sekitar 1.000-an suporter Indonesia yang menyaksikan langsung leg II final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok,

Sesudah kita menang di kandang, kami merasa perlu ikut menyemangati timnas. Makanya saya datang ke sini, sedangkan masyarakat yang di Indonesia menyemangati juga dari jauh,” ucap calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 itu.

“(Jika timnas juara) ini akan menjadi sebuah sejarah, dan saya ingin menyaksikan sejarah itu. Saya juga ingin bersama-sama masyarakat Indonesia menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ di stadion ini,” tambah dia.

Dan Anies pun larut dalam suasana yang menggetarkan hati sewaktu ‘Indonesia Raya’ diperdengarkan di dalam stadion menjelang kickoff. Dia tampak bersemangat melantukannya, seperti juga seluruh suporter dan para pemain di lapangan.”Ini baru pertama kali saya nonton pertandingan bola (timnas) di luar negeri. Dulu pernah di Jepang, tapi pertandingan (klub) lokal. Saya sangat menikmati dan salut pada atmosfer di sini. Setelah menang 2-0 suporter Thailand meneriakkan ‘Indonesia… Indonesia…’, dan sebaliknya, pendukung kita juga bertepuk tangan untuk keberhasilan tim tuan rumah. Saling menghormati dan sportif,” tutur pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat, 47 tahun silam tersebut.

Sayangnya, sejarah yang diharapkan Anies dan juga seluruh pendukung timnas Indonesia, batal tercipta. Keunggulan 2-1 di leg pertama patah di laga kedua. Thailand menang dan keluar sebagai juara. Indonesia pun harus melanjutkan puasa gelarnya sejak tahun 1991.

“Sedih dan kecewa tentu saja. Tapi Thailand memang main lebih bagus. Penampilan mereka berbeda dari yang pertama, kali ini serius sekali. Kita harus mengakui,” ujar mantan menteri pendidikan RI itu.

“Meski demikian kita mengapresiasi apa yang sudah dikerjakan para pemain di sini, mereka sudah all out. Walaupun cuma dapat nomor dua, kita tetap bangga pada mereka. Latihan lebih baik lagi, insyaallah next time kita bisa juara.”

Anies pun semestinya takkan melupakan pengalaman menjadi suporter timnas di kandang lawan malam ini, karena keberadaannya di sana menyita perhatian banyak orang. Tak terhitung berapa kali ia disapa dan menyapa fans Indonesia, yang memanfaatkan perjumpaan mereka itu dengan berfoto bersama, baik di dalam maupun luar stadion