Daftar 5 Startup Indonesia Tersukses

Startup Indonesia – Start up merupakan sebuatan untuk bisnis yang baru saja dirintis. Akhir-akhir ini, istilah start up dekat sekali dengan bisnis yang semakin menerapkan IT dan teknologi modern dalam proses bisnisnya. Ada juga yang menagtakan bahwa start up merupakan bisnis yang baru dirintis terutama di bidang teknologi informasi atau menggunakan media internet sebagai platform bisnisnya.

Daftar 5 Startup Indonesia Tersukses

Beberapa tahun terakhir menjadi tahun emas bagi pertumbuhan startup-startup di Indonesia. Kemajuan teknologi serta semakin membaiknya dukungan terhadap jaringan internet di Tanah Air membuat internet sebagai “lahan basah” yang bisa dimanfaatkan untuk mendulang rupiah. Hanya dalam waktu singkat, banyak bermunculan perusahaan startup baru yang didirikan para entrepreneur, menawarkan beragam layanan praktis yang bisa diakses lewat perangkat bergerak kita.

Dari sekian banyak Startup Indonesia yang ada, beberapa di antaranya telah didanai dan menuai hasil yang cukup positif. Karena itu, seperti dilansir dari situs teknologi TechInAsia dan StartUp Ranking, kami menampilkan profil singkat dari 5 startup yang terbilang sukses dari segi ranking startup global serta perbandingan jumlah pertumbuhan relative terhadap jumlah pendanaan yang telah dilakukan. INi dia daftarnya :

  1. Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu situs jual beli terkemuka di Indonesia. Tokopedia baru saja mencetak rekor sebagai startup dengan pendanaan paling fantastis di Indonesia. Setelah pada 2013 mereka berhasil mendapatkan pendanaan dari Softbank Ventures Korea, pada bulan Oktober lalu mereka kembali menarik investor yaitu Softbank and Sequoia Capital senilai 100 juta dolar Amerika.

Nilai pendanaan sebesar itu bisa dibilang cukup sebanding dengan hasil yang didapatkan. Berdasarkan klaim William Tanuwijaya, sang founder sekaligus seorang technopreneur, Tokopedia berhasil mendapatkan kurang lebih 10 juta pengunjung dalam sebulan dan telah menjual 24 juta produk di tahun keempat pengoperasiannya.

  1. Traveloka

Situs booking tiket tersohor di Indonesia, Traveloka, merupakan startup Indonesia sukses yang dinilai menunjukkan tingkat pertumbuhan yang cukup baik di antara startup-startup lain. Menempati urutan ke-204 di kategori Global pada situs StartUp Ranking, Traveloka mengklaim bahwa ia telah sukses memproses pencarian penerbangan di angka 2 juta pencarian pada akhir tahun 2013.

Dengan hasil yang fantastis tentunya Traveloka membutuhkan dana yang tidak sedikit. Mereka berhasil menarik minat investor seperti East Ventures, hanya beberapa bulan setelah mereka memulai operasional, dan Global Founders Capital di tahun 2013.

  1. Bukalapak

Situs jual beli yang mempertemukan antar konsumer dalam satu e-commerce marketplace ini merupakan salah satu dari daftar startup Indonesia yang dinilai menunjukkan hasil yang impresif pada beberapa tahun terakhir. Bersaing dengan situs serupa seperti Tokopedia, situs ini berhasil menarik kunjungan sekitar 9 juta kunjungan per bulannya.

Tak hanya sukses dalam menarik pengunjung, mereka juga sukses dalam meraih hati investor untuk menanamkan modalnya. Beberapa perusahaan besar seperti Gree Ventures, Aucfan, IREP, 500 Startups, dan IMJ Investment Partners.

  1. Berrybenka

Dari sebuah online fashion store kecil yang didirikan di pertengahan 2011, kini Berrybenka telah menjelma menjadi startup sukses dengan menggandeng lebih dari 500 brand fashion. Dengan kunjungan ratusan ribu kali setiap bulannya, nama Berrybenka pun cukup diperhitungkan di antara startup-startup lainnya.

Berrybenka juga berhasil mendapatkan pendanaan dari beberapa perusahaan besar seperti East Ventures dan Transcosmos. NIlai pendanaan yang telah mereka dapatkan sejauh ini telah menyentuh angka 5 juta dolar Amerika, yang kemudian digunakan untuk mendanai peluncuran aplikasi mobile mereka dan perbaikan dari sisi user experience.

  1. CekAja

Startup yang didirikan di tahun 2014 ini menyediakan layanan berupa kemudahan bagi pengguna unutk membandingkan berbagai produk finansial seperti pinjaman perseorangan, kartu kredit, deposito, dan produk perbankan syariah. Bekerja sama dengan banyak bank seperti BNI, BII-Maybank, Mandiri, Citibank, Standard Chartered, HSBC, Bukopin, OCBC NISP, ANZ, Allianz, dan AIG, mereka menyatakan telah memproses order dari 25.000 customer.

Itulah daftar 5 Startup Indonesia yang dinilai sukses dari segi pertumbuhan terhadap pendanaan yang mereka dapatkan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda!