Ini Nih, 6 Cara Selamatkan Ponsel Basah

Cara Selamatkan Ponsel Basah

Cara selamatkan ponsel basah – Suatu hari Anda mungkin pernah yang namanya berteriak panik lantaran baru menyadari bahwa tiba-tiba smartphone kesayangan Anda terkena air. Ya, bisa saja smartphone kesayangan Anda menjadi basah karena terkena hujan atau tiba-tiba masuk ke dalam putaran mesin cuci setelah sekian berapa lama. Bila kejadian serupa menimpa Anda, segera lakukan cara untuk selamatkan ponsel basah secepatnya!

Langkah selamatkan ponsel basah

1. Segera matikan

Cara pertama untuk selamatkan ponsel basah adalah segera mematikan ponsel. Port seperti lubang microphone dan konektor USB adalah jalan utama bagi air untuk menyelinap masuk ke dalam perangkat. Hanya butuh waktu beberapa detik bagi air untuk membuat “jeroan” ponsel Anda basah dan mengakibatkan adanya hubungan arus pendek alias konsleting.

2. Cepat keringkan

Semakin lama ponsel Anda basah karena terkena air, maka kerusakannya pun juga akan sebanding. Oleh karena itu, setelah Anda mematikan ponsel yang basah, segera ambil tisu, handuk atau kain katun untuk mengeringkan semua komponen ponsel basah.

3. Keluarkan perangkat dan aksesori

Setelah semua bagian ponsel basah mengering, segera bongkar ponsel basah dan keluarkan baterai, kartu SIM, memori card, serta casing, ataupun pelindung yang terpasang agar sirkulasi udara benar-benar mengalir lancar.

4. Keringkan bagian dalam

Selanjutnya, keringkan bagian dalam dan celah-celah kecil dengan menggunakan cotton bud agar proses pengeringan lebih mudah untuk dilakukan. Jangan biarkan ada setetes air pun yang tersisa.

Hindari pula mengguncang-guncang ponsel karena hal ini justru dapat membuat air semakin masuk ke dalam komponen smartphone yang lainnya.

5. Gunakan vacuum cleaner

Banyak orang yang berpendapat bahwa cara mengeringkan ponsel basah dilakukan dengan menggunakan hair dryer atau menjemurnya di bawah matahari. Faktanya, kedua cara ini justru dapat menimbulkan korosi atau malah merusak komponen ponsel.

Sebaliknya, gunakanlah vacuum cleaner karena alat ini terbukti sangat ampuh untuk menyedot air. Namun, jaga pula jarak pemakaian alat ini dari ponsel Anda yang basah agar tak sampai menimbulkan kerusakan tambahan.

6. Diamkan selama 24 jam

Setelah itu, letakkan ponsel yang basah di tempat yang kering. Anda juga bisa mengangin-anginkan ponsel yang basah di depan kipas angin agar semua air yang ada dalam ponsel basah benar-benar mengering.

Nah, itulah enam cara menyelamatkan ponsel basah yang bisa Anda terapkan bila kejadian serupa menimpa smartphone kesayangan. Jaga baik-baik gadget cangggih Anda, ya!